Sunday, February 09, 2014

PERSIAPAN KEHAMILAN I


     


     1. Periksakan kesehatan

      Untuk memastikan apakah bunda sudah bisa hamil, dokter mungkin akan mendiskusikan diet , berat badan, olahraga , dan setiap kebiasaan yang tidak sehat ( seperti merokok , minum , dan mengonsumsi obat-obatan) dengan Bunda , merekomendasikan multivitamin , pastikan Bunda up to date pada imunisasi Bunda, menguji kamu untuk kekebalan terhadap penyakit anak seperti cacar air dan rubella , dan menjawab setiap pertanyaan yang Bunda miliki . Jika saat ini sudah rutin melakukan pemeriksaan , Bunda juga dapat melakukan pemeriksaan panggul dan pap smear , dan harus diuji untuk penyakit menular seksual jika Bunda beresiko .

2 . Ambil asam folat ( dan hati-hati untuk vitamin A )

Mengkonsumsi suplemen asam folat sangat penting . Asupan 400 mcg asam folat sehari selama setidaknya satu bulan sebelum Bunda hamil dan selama trimester pertama Bunda , dapat mencegah cacat janin seperti spina bifida sebesar 50 sampai 70 persen , menurut Centers for Disease Control ( CDC ) . Asam folat membantu mencegah beberapa cacat lahir lainnya juga.

Untuk asupan harian vitamin A yang direkomendasikan dari 770 mcg RAE ( 2.565 IU ) vitamin A , kecuali sebagian dari itu dalam bentuk yang disebut beta - karoten . asupan berlebihan dari vitamin A dapat menyebabkan cacat lahir .

3 . Berhenti merokok, minum alkohol dan obat-obatan

Jika Bunda merokok atau sering konsumsi obat , sekarang adalah waktu untuk berhenti . Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa merokok atau mengonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan keguguran , kelahiran prematur , dan bayi dengan berat badan rendah .



4. Sediakan makanan sehat

Cobalah untuk mendapatkan minimal 2 cangkir buah dan 2 1/2 cangkir sayuran setiap hari, serta banyak biji-bijian dan makanan yang tinggi kalsium - seperti susu, jus jeruk yang diperkaya kalsium, dan yogurt.
Makan berbagai sumber protein, seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, produk kedelai, unggas, dan daging.

5. Cek berat badan secara rutin
Wanita yang terlalu kururs atau terlalu gemuk dapat menyulitkan kehamilan, karena hormon untuk kehamilan terhambat, bunda bisa cek BMI ideal dengan cara :

 misal : BB = 50 kg, TB 150 cm, buat dalam meter jadi (1,5)
Maka BMI = 50/(1,5)2  = 50/2.25 = 22 (normal)
Untuk wanita Asia BMI normal 18 – 23 untuk wanita Eropa 20 – 25
Dibawah BMI kurang gizi, diatas BMI resiko obesitas

0 komentar:

Post a Comment