Sunday, January 18, 2015

PITAYA (buah Naga): Buah eksotik berjuta khasiat




Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).
Kandungan nutrisi buah naga :

  1. 60 kalori per 100 gram porsi
  2. 1 gram serat per porsi
  3.  9 gram karbohidrat per porsi
  4. Biji buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal untuk kesehatan jantung  dan asam lemak omega - 3 .
  5. Penelitian menunjukkan buah naga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik , dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab penuaan dini dan penyakit .
  6. Buah ini memiliki kandungan tinggi vitamin C , kalsium , dan vitamin A.
Beberapa penelitianmenunjukkan bahwa buah naga memiliki manfaat kesehatan lainnya, diantaranya :
  1. mencegah komplikasi pada penyakit Diabetes, seperti penyempitan pembuluh darah jantung atau pembuluh darah tepi.
  2. konsumsi rutin buah naga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi .
  3. Buah naga yang tinggi antioksidan . Antioksidan efektif untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker .
  4. Bijinya mengandung lemak omega - 3 . Banyak penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat melawan peradangan dan penyakit autoimun .
  5. Meningkatkan kecantikan kulit  karena kaya kandungan gizi , termasuk antioksidan , lemak tak jenuh tunggal , vitamin , mineral , enzim , dan serat. 
Cara pengolahan buah naga
Cara yang paling baik adalah dengan memakannya tanpa proses pemasakan, menjadi diet yang sehat . Membantu meningkatkan fungsi pencernaan , memperkuat sistem kekebalan tubuh , dan meningkatkan energi.
Namun pemanfaatan buah naga saat ini banyak digunakan dalam industri makanan seperti dibuat
Konsumsilah buah naga secara rutin, maka kesehatanpun akan terjaga.
selai, puding, kerupuk, pewarna alami makanan dan lain - lain.

0 komentar:

Post a Comment